Tahukah kamu sobat liburanterus? Ada banyak daya tarik Pulau Lombok, selain yang biasa kamu dengar sehar-hari.

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang masuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ada banyak wisatawan baik turis dalam negeri maupun luar negeri yang senang berlibur di sini. Apa aja sih daya tarik dari pulau ini? Berikut 5 fakta unik dari pariwisata Lombok.

 

1. Lombok Meraih World Best Halal Tourism & Honeymoon Destination
Pada tahun 2016, Lombok berhasil meraih 2 penghargaan bergengsi, yaitu World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism. Destinasi Lombok mengalahkan Uni Emirat Arab, Malaysia, Turki, serta beberapa negara muslim lainnya.

 

2. Banyaknya masjid membuat Lombok disebut Pulau Seribu Masjid
Dengan mayoritas masyarakat Muslim, kamu dapat menemukan banyak sekali masjid di setiap ujung Pulau Lombok. Jadi jangan heran ketika kamu berlibur dan menjumpai banyak masjid di mana-mana. Karena hal ini, Lombok dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid.

 

3. Memiliki Gunung Api dengan Pemandangan Terindah se-Asia
Gunung Rinjani di Lombok adalah salah satu gunung berapi yang aktif dengan pemandangan terindah se-Asia. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini, memiliki kawah Segara Anak yang berair biru jernih dengan kedalaman mencapai 230 meter. Bagi kamu yang suka petualangan wisata ekstrem dan suka berfoto-foto mungkin dapat menambahkan Gunung Rinjani sebagai pilihan destinasi.

 

4. Memiliki budaya tradisi pernikahan ā€œmenculikā€ mempelai wanita
Daya tarik lainnya selain gunung merapi, yaitu tentang pernikahan. Sebelum pernikahan dilakukan, Lombok mempunyai tradisi turun menurun untuk “menculik” calon pengantin wanita tanpa sepengetahuan orangtuanya. Namun tenang, tindakan ini tidak dianggap melanggar hukum dan diperbolehkan oleh orangtua mempelai wanitanya kok!.

Artikel Terkait:  Fakta Menarik Kota Bandar Lampung

 

5. Pulau Lombok memiliki ratusan pantai indah dengan pasir putih
Kalau yang ini sudah pasti banyak sobat liburan yang sudah gak asing lagi. Lombok memiliki ratusan pantai dengan air laut biru dan pasir putih serta sunset yang memukau. Oleh karena itu, banyak wisatawan lokal maupun internasional yang berbondong-bondong datang ke Lombok demi berburu keeksotisan pantai-pantai di Lombok. Hmmm, siapa nih yang ingin memanjakan mata melihat pemandangan indah sambilĀ bersantai?