Halo Sobat Liburan, kali ini liburanterus mau ajak kamu eksplorasi keindahan Mandalika nih, kamu pasti udah familiar dengan Sirkuit Mandalika kan? Tapi tahu gak sih di Mandalika itu ada apa aja? Menurut legenda setempat, nama tempat ini diambil dari nama seorang putri raja yaitu Putri Mandalika dan berkaitan erat dengan suku sasak. Percaya tidak percaya dengan legendanya, Mandalika ini destinasi yang sangat indah untuk berwisata. Jadi, daripada penasaran nih liburanterus kasih rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Mandalika, yuk disimak!

1. Pantai Kuta Mandalika

Tentunya kalau lagi ke sini, wajib banget dong mampir ke Pantai Kuta Mandalika. Bagi kamu yang gak asing sama nama Pantai Kuta, jangan salah ya, Pantai Kuta yang satu ini bukanlah yang berlokasi di Bali melainkan di Lombok Tengah. Pantai ini berhadapan langsung dengan Laut Lombok, yang memiliki pasir putih dan air jernih dengan pantulan warna biru kehijauan serta berbagai terumbu karang cantik di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa ke Bukit Mandalika yang berada di sebelah barat pantai. Bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian

2. Bukit Seger

Bukit Seger ini konon katanya merupakan tempat berkumpulnya para pangeran yang ingin meminang Putri Mandalika. Bahkan dari legenda ini pun adalah asal mula terjadinya tradisi “Bau Nyale”, karena cacing laut yang ada di sekitar Pantai Seger diyakini sebagai perwujudan Putri Mandalika yang menghempaskan tubuhnya saat perkumpulan tersebut.

Nah mana nih sobat liburan yang penasaran dengan Sirkuit Mandalika sekaligus ingin menikmati pemandangan alam? Dari Bukit Seger, kamu bisa melihat dengan jelas penampakan sirkuitnya loh! Selain itu, sesuai dengan namanya pemandangan di sini benar-benar menyegarkan mata. Kamu bisa bermain-main di pantai yang berada di sekelilingnya. Atau kamu juga bisa mengambil foto-foto indah di kawasan bukit dengan latar belakang lautan ataupun sirkuit.

Artikel Terkait:  Wisata Terdekat dari Danau Toba yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Desa Wisata Sade dan Ende

Kalau kamu pecinta budaya tradisional, bakalan cocok banget ni berkunjung ke Desa Wisata Sade dan Ende. Desa Wisata Sade terletak di daerah Rembitan, sementara Desa Wisata Ende berada di Desa Sengkol. Kedua desa wisata ini merupakan jembatan ke budaya dan tradisi Suku Sasak. Kamu bisa berkunjung ke rumah tradisional serta menonton serunya tarian khas Suku Sasak. Selain itu, jika kamu tertarik dengan seni kerajinan tangan, kamu juga bisa menyaksikan proses pembuatan kain tenun songket sekaligus membeli tekstil khas Suku Sasak. Dengan kunjungan ke kedua desa ini, kamu bisa merasakan kedalaman dan keindahan budaya Lombok yang autentik loh!

4. Pantai Tanjung Aan

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke pantai yang unik, kamu bisa pilih Pantai Tanjung Aan atau Pantai Aan sebagai destinasi wisatamu. Di sini, ketika kamu berjalan menyusuri pantai, kamu akan merasakan 2 jenis pasir yang berbeda. Yaitu pasir halus seperti tepung dan pasir bertekstur seperti merica pada bagian kiri pantai dekat bukit. Konon katanya, pasir di pantai ini tercipta dari fosil-fosil karang yang hancur, unik banget kan! Selain itu, tentunya pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih yang membentang dan dikelilingi oleh perbukitan hijau.

Mau cari desa wisata yang lainnya? Cek di liburanterus.com aja!

 

Baca juga :

Daya Tarik Pulau Lombok