Halo Sobat Liburan, kali ini liburanterus mau berbagi fakta unik pariwisata di Surabaya. Kota ini seringkali disebut Kota Pahlawan, karena memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Selain terkenal karena kepahlawananannya, Surabaya juga memiliki beragam daya tarik pariwisata yang dapat menjadi salah satu alasan kamu untuk berwisata ke kota ini. Nah, berikut 5 fakta unik dan daya tarik dari pariwisata di Surabaya sebagai referensi liburanmu.

1. Memiliki jembatan terpanjang se-Indonesia

Surabaya memiliki jembatan terpanjang di Indonesia yang dikenal sebagai Jembatan Suramadu. Jembatan ini menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura, dengan panjang total sekitar 5.438 meter. Jembatan Suramadu merupakan salah satu ikon dan landmark kota Surabaya yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Selain menjadi sarana transportasi yang vital, jembatan ini juga menjadi daya tarik wisata yang populer bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan laut dan mengabadikan momen di atas jembatan yang megah ini.

2. Bisa Naik Bus Menggunakan Voucher Botol Plastik 

Di Surabaya, terdapat Bus yang sistem pembayarannya cukup unik, yaitu Bus Suroboyo. Kamu bisa menukarkan botol plastik sebagai metode pembayaran untuk berkeliling kota. Dahulu masyarakat dapat menukarkan botol plastik langsung saat naik bus sebagai pembayaran. Namun, karena dianggap tidak efektif dan mengurangi kenyamanan, per 1 Mei 2022 penukaran botol plastik di dalam bus sudah diberhentikan. Eits, jangan khawatir metode pembayaran melalui penukaran botol plastik masih bisa kok! Kamu bisa kumpulkan botol plastik terlebih dahulu lalu tukarkan di tempat penukaran sampah botol plastik yang sudah disediakan dan menukarnya menjadi voucher.

3. Surganya kuliner tradisional

Kota ini menawarkan beragam hidangan khas yang lezat dan menggugah selera. Beberapa hidangan tradisional yang terkenal di Surabaya antara lain adalah rawon, soto ayam, lontong balap, rujak cingur, tahu tek, dan nasi krawu. Setiap hidangan memiliki cita rasa unik dan bahan-bahan yang autentik, mencerminkan kekayaan kuliner Jawa Timur. Buat kamu yang suka mencicipi kuliner khas Indonesia, wisata ke Surabaya pilihan yang oke nih!

Artikel Terkait:  Mau Nonton Konser Suga BTS, Tapi Masih Cari Hotel Terdekat dari ICE BSD?

4. Menggelar banyak festival setiap tahunnya

Surabaya merupakan kota yang aktif menggelar berbagai festival setiap tahunnya. Salah satu festival terbesar di Surabaya adalah Festival Rujak Cingur yang menarik perhatian pengunjung dan warga lokal. Festival ini juga termasuk ke dalam salah satu festival terbesar di Indonesia. Selain itu, setiap tanggal 10 November, Pemerintah Surabaya juga mengadakan Teatrikal Perjuangan 10 November, di mana terdapat arak-arakan perjuangan dari Tugu Pahlawan.

5. Ada Bola-bola di Samping Jalan yang Berfungsi sebagai Pengaman Kecelakaan

Jalan Tunjungan di Surabaya terkenal dengan keberadaan bola-bola raksasa di pinggir trotoarnya. Bola-bola tersebut sebenarnya memiliki fungsi penting sebagai perlindungan dari kendaraan bermotor yang oleng atau masuk ke trotoar. Hal ini dikemukakan oleh Walikota Tri Rismaharini sebagai langkah untuk mencegah kecelakaan dan menjaga keamanan trotoar. Jadi jangan heran ya sobat kalau lagi mampir dan menemukan banyak bola kayak gini.

Menginap lebih mudah hanya dengan liburanterus.com

Baca Juga :

Fakta Unik Pariwisata Kota Bogor