Halo Sobat Liburan, kalian ada yang pernah gak nih menjelajahi pariwisata kota Padang? Kota yang terkenal dengan keanekaragaman kuliner ini memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik juga loh. Nah bagi kamu yang ada niatan untuk berkunjung ke Padang, berikut fakta unik dan menarik dari pariwisata Kota Padang.

1. Pintu Gerbang Barat Indonesia di Samudera Hindia

Kota Padang sendiri merupakan pintu gerbang bagi negara-negara di sekitar Samudera Hindia dan telah diresmikan sebagai Gerbang Indian Ocean Rim Association (IORA). Pantai Padang menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki simbol Gerbang IORA, yaitu sebuah penunjuk arah yang berdiri di tepi pantai. Simbol tersebut menunjukkan 21 negara anggota asosiasi serta arah pandang dari Kota Padang.

2. Memiliki Destinasi Wisata yang Mendunia

Di Padang, banyak tempat wisata yang telah mendunia dan dikenal oleh berbagai bangsa. Oleh karena itu, banyak wisatawan dari berbagai negara yang mengunjungi Padang dan Sumatera Barat karena destinasi yang terkenal ini. Beberapa tempat wisata yang menjadi sorotan internasional antara lain, Lembah Anai, Pulau Cubadak, Pantai Nirwana, Pulau Sikuai, Pulau Sirandah, Lubuk Paraku, dan Pantai Padang. Keindahan alam yang luar biasa di tempat-tempat ini menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia dan menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin menikmati pesona alam Indonesia.

Cari destinasi wisata lainnya hanya di liburanterus.com

3. Makanan Khasnya yang Sudah Dikenal Hingga Mancanegara 

Pastinya kamu udah familiar ya kalau soal kuliner khas Padang. Kenikmatan makanan khas Padang, terutama Rendang, sudah terbukti dan dikenal hingga masyarakat mancanegara. Bahkan CNN International pun menobatkan Rendang sebagai makanan terenak di dunia selama 8 tahun loh! Selain rendang, ada banyak pilihan kuliner khas lainnya yaitu Sate Padang, Soto Padang, Dendeng Batokok, Ikan Asam Padeh, dan masih banyak lagi. Duh bikin ngiler ya jadinya..

Artikel Terkait:  Download liburanterus di Play Store Sekarang

4. Memiliki “Jam Gadang” yang legendaris

Kamu wajib banget nih untuk mengunjungi Jam Gadang jika berkunjung ke kota Padang. Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, adalah ikon pariwisata yang populer dan menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan. Bangunan ikonik ini, dengan arsitektur Minangkabau yang khas, memberikan pemandangan indah kota Bukittinggi dari menara yang tinggi. Selain itu, Jam Gadang menjadi pusat kegiatan budaya dan pariwisata di kota ini, dengan toko suvenir, warung makan, dan kafe yang menjual makanan khas Minangkabau serta kerajinan tangan lokal. Di sekitar jam gadang, biasanya masyarakat setiap tahunnya mengadakan Festival Tabuik dan Festival Pacu Jawi, yang menarik pengunjung dari dalam dan luar negeri.

5. Arsitektur Bangunan yang Unik

Nah kalau yang satu ini pasti sobat liburan juga udah banyak yang tahu nih. Kalau kamu berwisata ke Padang, kamu pasti banyak menemukan Rumah Gadang dengan aristektur bangunannya yang khas. Pertama, bentuk atap rumah yang melengkung menyerupai tanduk kerbau atau rumah panjang Minangkabau yang khas. Selain itu, struktur bangunan yang terbuat dari kayu dengan tiang-tiang yang kokoh juga menjadi ciri khas dari Rumah Gadang ini. Keunikan dan keindahan Rumah Gadang menjadikannya sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi dan menarik minat para wisatawan dan penggemar budaya tradisional.

 

Baca Juga :

Wisata Pantai Lampung yang Wajib Dikunjungi