Halo Sobat Liburan, kali ini liburanterus mau berbagi fakta unik pariwisata di Pontianak. Kota ini seringkali disebut Kota Pariwisata Sungai, karena pontianak dikelilingi oleh banyak sungai dan terdapat sungai terpanjang di Indonesia. Nah, berikut 4 fakta unik dan daya tarik dari pariwisata di Pontianak sebagai referensi liburanmu, yuk langsung di cek!

Mau nginep hemat atau cari desa wisata untuk liburan? Pake liburanterus aja!

1. Memiliki Sungai Terpanjang se-Indonesia

Pontianak memiliki sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas. Sungai ini memiliki panjang mencapai sekitar 1.143 kilometer yang mengalir melintasi berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Barat, termasuk Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Pontianak. Selain keindahannya, sungai ini juga memiliki nilai penting dalam bidang ekonomi dan ekologi, serta menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat sekitarnya.

2. Mengadakan Event saat Terjadinya Kulminasi Matahari

Pontianak merupakan daerah yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Maka dari itu, di sini terdapat Tugu Khatulistiwa yang menjadi titik kulminasi matahari. Tugu Khatulistiwa ini sendiri menjadi lokasi dari beragam kegiatan untuk menyambut fenomena alam ini. Fenomena kulminasi matahari terjadi pada bulan Maret dan September, khususnya pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Selain menghilangnya bayangan benda yang tegak lurus, kulminasi matahari juga menjadi tanda perubahan iklim di Indonesia. Detik kulminasi ini tidak hanya menarik minat wisatawan, tetapi juga telah diakui oleh pemerintah sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara yang menarik banyak pengunjung.

4. Menggelar Festival Meriam Karbit sebagai Tradisi Mengusir Hantu

Asal mula adanya Festival Meriam Karbit, konon berawal dari Raja pertama Pontianak yang menggunakan meriam karbit untuk mengusir hantu-hantu saat membuka lahan di Pontianak. Meriam karbit awalnya terbuat dari bambu atau batang kelapa, tetapi sekarang sering kali menggunakan batang pohon dengan diameter mencapai 60 cm. Festival ini sempat dilarang selama era Orde Baru namun kemudian diadakan kembali. Saat mengikuti festival ini di sepanjang Sungai Kapuas, terasa seperti meriam-mereka diarahkan kepada kita. Wah ini sih bakal jadi pengalaman yang memorable ya!

Artikel Terkait:  Fakta Menarik Kota Bandar Lampung

5. Wisata Kuliner Khas yang Mendapat Pengaruh dari Tiongkok

Di Pontianak, kamu akan menemukan beragam kuliner khas yang nggak boleh kamu lewatkan. Salah satunya adalah Chai Kue, makanan lezat berbentuk seperti pastel dengan isian seperti bengkuang, rebung, kucai, keladi, dan kacang kedelai. Kamu juga harus mencoba Sotong Pangkong, sotong kering yang diolah dengan cara dipukul hingga tipis dan disajikan dengan sambal kacang. Jangan lewatkan juga Mie Tiaw Apollo, hidangan peranakan Tionghoa yang menjadi ikon kota ini. Selain itu, ada juga Pisang Goreng Pontianak yang juga gak kalah terkenal. Pontianak juga memiliki kuliner lainnya seperti Es Krim Petrus, Lek Tau Suan, Burung Punai, dan Pengkang yang bisa memanjakan lidahmu. Wajib banget jadi pilihan destinasi nih untuk para penggemar kuliner!

 

Baca Juga :

Fakta Unik dan Menarik di Surabaya