Halo Sobat Liburan, kali ini liburanterus mau berbagi fakta unik pariwisata Kota Bogor. Seringkali disebut Kota Hujan, Bogor memiliki beragam daya tarik pariwisata yang dapat dikunjungi. Nah, berikut 5 fakta unik dan daya tarik dari pariwisata di Bogor sebagai referensi liburanmu.

fakta unik kota bogor

Sumber : Hallo!Bogor

1. Terdapat Kebun Raya Bogor yang menjadi kebun raya tertua di Asia

Kebun Raya Bogor, yang didirikan pada tahun 1817, adalah salah satu kebun botani tertua di Asia. Selain menjadi tempat penelitian ilmiah, kebun ini juga berperan penting dalam melestarikan ribuan spesies tanaman langka dan unik.  Salah satu daya tarik utama kebun ini adalah keberadaan Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia yang menjadi kebanggaan kebun ini. Dengan luas sekitar 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki sekitar 14000 jenis tanaman loh!

2. Surganya wisata kuliner

Bogor terkenal dengan berbagai makanan tradisional lezat seperti soto mie Bogor, tauge goreng, asinan Bogor, dan nasi tutug oncom. Hidangan-hidangan khas ini memanjakan lidah dengan cita rasa yang khas dan menjadi daya tarik kuliner di Bogor. Selain makanan-makanan khasnya, Bogor juga dikenal sebagai surganya kuliner kekinian. Adapun makanan-makanan yang bisa dijadikan sebagai ikon Bogor seperti roti unyil dan kue lapis Bogor.

3. Memiliki Istana Bogor sebagai landmark kota

Istana Bogor adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Bogor. Dahulu, istana ini digunakan sebagai tempat peristirahatan resmi oleh para penguasa Hindia Belanda. Saat ini, istana tersebut menjadi tempat tinggal resmi Presiden Indonesia ketika mengunjungi Bogor. Dengan arsitektur yang megah dan keindahan taman yang mengelilinginya, Istana Bogor menawarkan pengunjungnya pengalaman yang kaya akan sejarah, serta kesempatan untuk melihat bagian penting dari warisan budaya Indonesia.

Artikel Terkait:  Tips Agar Terhindar dari Penipuan Saat Merencanakan Liburan

4. Terdapat hotel tertua dan masih beroperasi hingga sekarang

Salah satu hotel tertua di Bogor adalah Hotel Salak The Heritage. Hotel ini didirikan pada tahun 1856 dan telah menjadi ikon kota Bogor selama lebih dari satu abad. Dengan arsitektur yang klasik dan nuansa kolonial Belanda, Hotel Salak The Heritage menghadirkan pesona masa lalu yang kaya. Selain itu, hotel ini juga menawarkan kenyamanan dan fasilitas modern kepada para tamu, menjadikannya pilihan yang ideal bagi wisatawan yang menginginkan pengalaman menginap yang unik dan bersejarah di Bogor.

5. Memiliki beragam tempat wisata khususnya area Puncak

Kota Bogor, khususnya area Puncak, menawarkan beragam tempat wisata menarik. Tempat wisata yang wajib banget kamu kunjungi yaitu Kebun Teh Gunung Mas, Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Puncak Pass Resort, Gunung Mas Agro, dan Taman Wisata Matahari. Selain itu, banyak villa dan hotel di daerah tersebut yang dimiliki oleh warga sekitar untuk tempat beristirahat pengunjung.

Mau Book Hotel dan Desa Wisata dengan Mudah?

Baca Juga :

5 Fakta Unik dan Daya Tarik Pariwisata Bangka Belitung sebagai Referensi Liburan Kamu!