Halo Sobat Liburan, ada gak nih yang bekerja di dalam ruangan terus menerus, atau yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah? Kekurangan sinar matahari karena jarang keluar juga menyebabkan beberapa efek pada tubuhmu loh!

1. Sering Merasa Kelelahan

Kalau kamu sering merasa kelelahan padahal merasa siklus tidurmu cukup baik, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kurangnya paparan sinar matahari. Bekerja di kantor seharian atau menghabiskan waktu hanya duduk berjam-berjam di dalam ruangan, kemungkinan tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Berlibur ke pantai atau tempat dimana kamu bisa berjemur di bawah sinar matahari, bisa menjadi solusi untuk mengurangi kelelahan yang kamu alami. Selain untuk mendapat sinar matahari, berlibur ke pantai juga dapat membuat tubuhmu lebih rileks dan tidak mudah lelah.

2. Tidak Bisa Tidur Nyenyak

Menurut penelitian di Journal of Clinical Sleep Medicine yang menyatakan bahwa terdapat kaitan yang erat antara rasa kantuk di siang hari dengan kadar vitamin D tubuh yang rendah. Sehingga kalau kamu merasa kurang tidur dan merasa tidurmu tidak nyenyak, hal ini bisa terjadi karena kamu kekurangan sinar matahari. Kamu bisa mencoba berlibur ke alam terbuka, atau tempat-tempat yang sejuk namun tetap mendapat sinar matahari, seperti desa wisata. Kamu bisa berjemur di sinar matahari yang tidak terlalu panas, sambil melakukan olahraga ringan untuk merelaksasi otot-otot di tubuhmu.

Cari desa wisata yang nyaman untuk liburan?

3. Sering Merasa Nyeri pada Sendi

Kalau kamu sering merasa nyeri sendi, salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya asupan vitamin D dalam tubuhmu yang bisa kamu dapatkan dari paparan sinar matahari. Salah satu cara yang asik, yaitu dengan menghabiskan liburan ke alam terbuka seperti gunung atau bukit. Karena selain bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung, kamu juga bisa berolahraga untuk membuat sendi-sendimu kembali kuat. Namun, alangkah baiknya untuk memeriksakan terlebih dahulu ke dokter agar lebih tahu pasti apa penyebab nyeri sendi yang kamu alami.

Artikel Terkait:  Tips Menabung untuk Budget Liburan Akhir Tahun

 

Tapi perlu diingat ya sobat, kekurangan sinar matahari adalah satu dari berbagai penyebab tanda-tanda di atas. Alangkah baiknya kalau kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan terkait penyebab lebih lanjut. Namun jangan lupa untuk berjemur, menghirup udara segar, dan berlibur pakai liburanterus.com ya!

 

Baca Juga :

Merasakan Tanda-tanda ini? Itu Tandanya Kamu Butuh Liburan!