Halo Sobat Liburan, beberapa tahun belakangan ini, istilah healing semakin sering kita dengar. Baik di lingkungan pergaulan sehari-hari, internet, maupun media sosial. Kata healing sendiri sebenarnya diserap dari bahasa inggris yang berarti penyembuhan, namun di Indonesia maknanya sudah mulai bergeser. Masyarakat cenderung menyebut healing dengan arti yang mengacu ke aktivitas traveling atau jalan-jalan.

Bahkan setelah pandemi selesai, kata healing malah semakin terasa menjadi lebih krusial daripada hanya sekadar berkunjung ke suatu tempat. Dikutip dari Kompas, makna bepergian sekarang menjadi lebih dalam dan gak cuma sekadar menjadi aktivitas melihat tempat-tempat baru. Namun siapa sangka ternyata healing ini menjadi bermanfaat loh, berikut manfaatnya!

1. Berdamai dengan Diri Sendiri

Salah satu tujuan healing yaitu berdamai dengan diri sendiri. Berdamai dengan diri sendiri berarti tidak menyalahkan diri atas situasi yang telah terjadi. Hal ini dapat membantu meredakan kegelisahan batin terhadap peristiwa masa lalumu. Selain itu, ini juga merupakan proses untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri sendiri, memperbaiki segala aspek kehidupan yang pernah terjadi, dan fokus pada masa depan dapat menjadi langkah awal dalam mencapai perdamaian dengan diri sendiri.

2. Mengenali Diri Sendiri

Kamu mungkin seringkali lebih memahami perasaan orang lain dengan mudah, tapi biasanya mengalami kesulitan dalam memahami perasaanmu sendiri. Maka dari itu, manfaat healing adalah untuk mendalami pemahaman terhadap perasaan diri sendiri, yaitu memahami apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kamu harus coba jujur pada diri se ndiri, ini merupakan langkah awal yang paling sederhana untuk memulai proses healing. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang diri sendiri, kita akan lebih mampu mengatasi masalah yang dihadapi.

Artikel Terkait:  Mau Registrasi Kampus Sekalian Liburan?

3. Me-Time

Terkadang kamu butuh waktu sendirian untuk dirimu agar mencapai ketenangan batin. Pendekatan seperti ini juga bermanfaat untuk meredakan perasaan cemas, kekhawatiran, kesedihan, atau ketakutanmu ketika menjalani hari. Caranya kamu bisa lakukan aktivitas yang kamu nikmati tanpa memperhatikan pandangan orang lain dan fokus pada dirimu sendiri. Dengan cara ini, kamu bisa menciptakan rasa kebahagiaan tanpa terbebani oleh opini orang lain. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk menikmati liburan yang tenang dan santai. 

Lagi Me Time Mau Staycation? atau Mau Berwisata?

Gimana menurutmu soal istilah healing ini Sobat Liburan? Apa kamu beneran bisa dapat manfaat juga ketika healing? Yuk coba healing bersama liburanterus, ada banyak promo menantimu!

 

Baca juga :

Inilah Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Sinar Matahari