Halo Sobat Liburan, gimana nih yang kemarin terima hasil pengumuman SNBT 2023? Semoga hasilnya baik dan sesuai dengan keinginan kalian yaa. Untuk yang belum dapat kesempatan jangan berkecil hati ya masih banyak jalan di luar sana yang menunggumu. Kalian udah bekerja keras dengan baik selama ini, boleh sedih tapi jangan berlarut terlalu lama ya!! Nah selagi para calon mahasiswa registrasi ke kampus pilihan, mending sekalian liburan gak sih di tempat wisata sekitar kampus? Tentunya liburanterus ada rekomendasi lagi dong, ayo dicek!

1. Yogyakarta dan sekitarnya

Registrasi kampus sekalian liburan ke Yogyakarta

Sumber : Wikipedia

Di Yogyakarta, terdapat beberapa kampus terkenal seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Nah untuk kamu yang mau registrasi ke kampus-kampus ini, kamu bisa mengunjungi salah satu ikon wisata di Yogyakarta yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kamu juga bisa berkunjung ke Taman Sari, kompleks keraton dengan kolam-kolam dan bangunan bersejarah. Jangan lupa untuk mengunjungi Malioboro, jalan utama di Yogyakarta yang terkenal dengan pasar malamnya yang berlimpah barang-barang tradisional dan kuliner khasnya.

2. Bandung dan sekitarnya

Registrasi kampus sekalian liburan ke Bandung

Sumber : Wikipedia

Bandung memiliki universitas yang banyak peminatnya, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Salah satu daya tarik utama Bandung adalah keindahan alamnya, seperti Tangkuban Perahu, kawasan Puncak dan Lembang. Kamu juga dapat mengunjungi Gedung Sate yang merupakan ikon arsitektur kota. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi kawasan Cihampelas yang terkenal dengan Factory Outlet dan pusat perbelanjaannya.

3. Malang dan sekitarnya

Tugu Malang

Sumber : Wikipedia

Kalau yang satu ini cocok bagi kamu yang akan mengurus registrasi ke Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Nasional Malang. Di sini, kamu bisa mengunjungi Gunung Bromo dan Kawah Ijen sebagai destinasi utama. Kamu juga dapat mengunjugi wisata bersejarah seperti di Candi Singosari dan Candi Jago. Bagi yang suka wisata edukasi, kamu dapat pergi ke Museum Angkut untuk melihat berbagai macam transportasi dari segala masa. Selain itu, ada juga Air Terjun Coban Rondo dan Coban Pelangi untuk kamu yang suka main air.

Artikel Terkait:  Tips Agar Terhindar dari Penipuan Saat Merencanakan Liburan

4. Semarang dan sekitarnya

Lawang Sweu Semarang

Sumber : Wikipedia

Nah kalau di Semarang kampus yang terkenal ada Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang. Di sini, kamu bisa pergi ke Kawasan Kota Lama yang merupakan daya tarik utama dengan bangunan-bangunan kolonial Belanda yang indah dan bersejarah. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi landmark terkenal kota Semarang yaitu Gereja Blenduk dan Lawang Sewu. Kalau mau menikmati pemandangan laut, Pantai Marina dan Pantai Baruna jawabannya.

5. Jakarta dan sekitarnya

Skyline Jakarta

Sumber : Wikipedia

Dan yang terakhir, pastinya udah pada tau ya di Jakarta ada Universitas Indonesia (UI) yang peminatnya banyak banget. Selain UI, ada juga Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) yang juga memiliki banyak peminat. Di ibukota ini, Monumen Nasional (Monas) dan Museum Nasional tentunya wajib banget dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa bermain ke Kawasan ancol dengan Taman Impian Jaya Ancol yang menawarkan berbagai wahana seru, Pantai Ancol, dan Sea World.  Ada juga kawasan Kota Tua yang memamerkan arsitektur kolonial Belanda yang klasik dan Museum Fatahillah.

 

Jadi gimana rekomendasinya, oke kan? Kalau kamu ada rekomendasi lainnya boleh banget nih ditambah di kolom komentar. Dan seperti biasa, kalau mau liburan tapi bingung mau cari tempat menginap atau desa wisata langsung cek aja ke website atau aplikasi liburanterus ya!

 

Baca Juga :

4 Destinasi Wisata Edukatif yang Cocok untuk Liburan Sekolah