Halo Sobat Liburan, ketika bicara soal liburan kamu pasti sering banget denger yang namanya ‘Staycation’. Tapi, kamu tahu nggak sih arti staycation itu apa dan konsep liburan yang kayak gimana?

1. Definisi Staycation

Kata “staycation” sendiri adalah hasil gabungan dua kata, yaitu “stay” yang berarti tinggal atau tetap, dan “cation” yang berasal dari kata “vacation” yang artinya liburan. Menurut definisi dari Cambridge Dictionary, staycation merujuk pada liburan yang dilakukan di rumah atau di sekitar rumah, tanpa perlu bepergian jauh, yang ibaratnya kamu menjadi turis di kota sendiri. Tetapi ada juga yang mengartikan istilah ini sebagai liburan dengan tinggal atau menetap di suatu tempat. Di Indonesia sendiri, staycation populer sebagai liburan yang dilakukan dengan cara tinggal atau menetap di suatu tempat. Misalnya, menginap di hotel atau vila, yang jaraknya gak jauh dari rumah atau masih di kota yang sama.

2. Konsep Staycation

Konsep utama dari staycation yaitu bisa merasakan sensasi liburan dan bersantai tanpa harus menghabiskan banyak waktu atau uang untuk perjalanan. Di mana istilahnya kamu dapat liburan kapan pun tanpa harus memikirkan waktu yang tepat. Selain itu, staycation sendiri dapat menciptakan peluang untuk merenung, merilekskan diri, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, atau sekadar melepaskan stres tanpa harus pergi jauh. Ini juga menjadi alternatif yang ramah anggaran, lingkungan, dan praktis bagi banyak orang terutama orang dengan keseharian yang padat.

3. Kegiatan yang Dilakukan Saat Staycation

Meskipun cuma menginap, ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan saat staycation. Kamu bisa movie marathon sambil bersantai dan makan snack, wisata kuliner di sekitar penginapan, hunting spot foto yang estetik, hingga berenang sampai puas kalau penginapanmu memiliki fasilitas kolam renang. Nah kalau kamu staycation bersama keluarga atau kerabat, kamu bisa meningkatkan quality time bersama mereka dengan cara bermain games dan makan malam bersama di resto hotel.

Artikel Terkait:  Destinasi Wisata Kuliner Indonesia Buat Kamu yang Suka Jajan

Promo Staycation September-Oktober Super Hemat!

Gimana nih sobat liburan? Ada yang tertarik untuk mencoba staycation? Kalau kamu udah punya rencana staycation, supaya makin hemat dan mudah kamu bisa gunakan aplikasi liburanterus yang tersedia di play store. Kamu bisa mencari hotel atau penginapan lainnya kapan pun dan di mana pun kamu berada, hanya dengan menggunakan smartphone kesayanganmu!

 

Baca juga :

Ide Seru untuk Mengisi Waktumu Saat Staycation Agar Lebih Menarik