Halo Sobat Liburan, ada beberapa tips liburan smart yang bisa kamu terapkan buat kamu yang lagi pengen liburan tapi lagi menghemat dana. Walau masih awal bulan gini, kamu tetap harus memikirkan budget dan perencanaan keuangan ke depannya supaya gak merasa sulit saat akhir bulan. Nah tanpa basa-basi lagi, berikut 3 tips paling penting untuk liburan smart yang asik namun tetap hemat!

1. Hindari Traveling di Musim Liburan

Hal yang paling penting adalah menghindari perjalanan selama musim liburan. Karena biasanya biaya transportasi dan harga barang dan jasa cenderung lebih tinggi. Lebih baik memilih untuk berlibur pada hari hari normal agar bisa menghemat uang untuk berbelanja, dengan tiket pesawat dan penginapan yang lebih terjangkau. Selain itu, jika kamu berlibur pada waktu-waktu ini juga menawarkan pengalaman yang lebih nyaman karena tempat wisata tidak terlalu ramai pengunjung. Untuk menghemat anggaran perjalanan yang lebih besar, kamu juga bisa pertimbangkan untuk mengambil cuti di hari kerja.

2. Membuat Prioritas Terkait Kebutuhan

Cara menghemat anggaran perjalanan selanjutnya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan. Dalam merencanakan budget traveling, penting untuk mengatur prioritas. Kamu bisa mulai dengan membeli tiket transportasi atau alokasi dana transportasi pribadi sebagai prioritas utama, pastikan dana sudah tersedia untuk ini. Setelah masalah transportasi terpenuhi, fokus pada kebutuhan lain seperti penginapan dan akomodasi. Dengan ini, kamu dapat mengelola anggaran dengan lebih baik dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan merugikan keuanganmu saat berpergian.

3. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Untuk berhemat selama perjalanan, pilihlah penginapan yang terjangkau dan terletak di sekitar tujuan wisata. Kamu bisa gunakan aplikasi pencarian penginapan seperti liburanterus.com, lalu urutkan hasil berdasarkan harga terendah, dan periksa ulasan pengguna. Hostel biasanya lebih ekonomis daripada hotel, dan sering memiliki promosi menarik. Jika memungkinkan, kamu bisa pertimbangkan untuk menginap di rumah kerabat, teman, atau keluarga di daerah tersebut, atau minta izin menginap di rumah penduduk setempat. Dengan cara ini, kamu bisa lebih menghemat uang selama perjalananmu.

Artikel Terkait:  Mau Wisata ke Magelang? Nih Rekomendasinya!

Penginapan hemat, banyak promo menantimu!

 

Baca juga :

Tips Menjaga Lingkungan Saat Berwisata