Halo Sobat Liburan, siapa nih yang niatnya mau menabung untuk budget liburan akhir tahun tapi ngerasa kesulitan? Atau mau liburan akhir tahun tapi gaada tabungan? Eits kamu masih bisa loh nabung dari sekarang! Nih liburanterus kasih tipsnya!

1. Persiapkan Target Budget Liburan

Hal terpenting dalam menabung adalah menentukan target seberapa besar budget liburan yang ingin kamu kumpulkan. Caranya dengan menghitung perkiraan budget mulai dari biaya transportasi, penginapan, konsumsi, wisata dan oleh-oleh. Jika perkiraan ini sudah tercapai, lebihkan budget untuk biaya kebutuhan tak terduga. Dengan menyiapkan anggaran untuk kejadian-kejadian tidak terduga ini, perjalanan liburan akan menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu, rasa khawatir pun akan sedikit lebih berkurang karena ada dana cadangan yang memang sudah disiapkan.

2. Berburu Promo dari Jauh Hari

Kalau kamu udah merencanakan liburan sejak jauh hari, kamu bisa hunting promo tiket transportasi. Tiket promo yang tersedia ini biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibeli jauh sebelum tanggal keberangkatan, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran ketika berlibur. Selain tiket transportasi, kamu juga bisa mulai booking penginapan yang sedang promo, namun hal ini cukup beresiko mengingat tidak sedikit hotel yang bisa mengembalikan dana jika kamu melakukan pembatalan.

Nikmati Promo di Aplikasi liburanterus untuk menginap hemat!

3. Gunakan Sistem Menabung Harian

Jika kamu tidak sanggup untuk langsung menyisihkan banyak uang sekaligus, cobalah menabung sedikit demi sedikit secara manual. Kamu bisa memulai cara ini dengan salah satu nominal uang, misalnya Rp 10.000 atau Rp 20.000. Dan setiap kamu bertransaksi atau mendapatkan uang dengan nominal tersebut, maka kamu wajib untuk menabung uang tersebut. Perlu kedisiplinan dan konsistensi untuk melakukan hal tips menabung yang satu ini.

Artikel Terkait:  Mau Registrasi Kampus Sekalian Liburan?

4. Menahan Diri dari Kebutuhan Tersier

Demi tercapainya tabungan, hal yang paling penting adalah menahan diri dalam membeli barang-barang yang tidak penting atau yang bukan termasuk ke dalam kebutuhan pokokmu. Jangan pernah melakukan penghematan yang ekstrim, lakukanlah secara perlahan dan juga terencana. Mulailah dari hal-hal kecil saja yang terlihat mudah untuk dilakukan. Kalau kamu belum terbiasa Awal-awal mungkin sulit, namun kalau kamu bertekad pasti bisa kok!

 

Baca juga:

Makna dari Istilah Healing dan Apa Manfaatnya