Halo Sobat Liburan, kamu tipe yang selalu menjaga lingkungan saat berwisata gak nih? Akhir-akhir ini lagi rame ya soal kasus kebakaran savana bromo karena foto prewedding. Gimana nih tanggapan kalian? Pastinya buruk banget dong dampaknya bagi lingkungan. Nah kali ini liburanterus akan kasih tau tips untuk tetap menjaga lingkungan saat berwisata, supaya gak ada lagi kejadian kayak gini.

1. Tidak Merusak Tempat Wisata

Tentunya ini yang paling pantang untuk dilakukan ya, tapi nyatanya masih banyak banget pengunjung yang melakukan hal ini. Contoh simplenya, tindakan vandalisme, mencoret-coret dinding atau benda di tempat wisata, padahal ini merupakan larangan yang sudah jelas. Tidak hanya itu, kalau kamu sedang wisata bawah laut, kamu juga gak boleh menyentuh terumbu karang atau biota laut lainnya. Karena jika kamu sentuh, terumbu karang akan cepat mati. sedangkan pertumbuhannya akan memakan waktu yang sangat lama. Jadi jangan sembarang sentuh atau iseng dimana pun kamu berwisata ya!

Cari tempat wisata asik dan hemat? Pilih di liburanterus.com aja!

2. Hindari Menggunakan Barang Sekali Pakai

Menghindari penggunaan barang sekali pakai adalah salah satu langkah penting dalam menjaga lingkungan saat liburan nih. Barang-barang sekali pakai seperti kantong plastik, botol air plastik, peralatan makan plastik, dan produk-produk sekali pakai lainnya dapat menciptakan limbah yang gak bisa diurai dengan cepat dan berkontribusi pada polusi lingkungan. Jadi, bakal lebih baik kalau kamu menggunakan barang yang bisa dipakai berkali-kali, contohnya dengan membawa alat makan sendiri, membawa botol minuman dan sedotan sendiri, serta membawa tas belanja sendiri.

3. Buang Sampah pada Tempatnya

Kalau yang satu ini peringatan yang paling sering kita temukan sejak kecil, tapi masih sering diabaikan ya. Padahal ini juga merupakan upaya untuk menjaga lingkungan. Menjaga lingkungan agar bersih dan bebas dari sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola wisata saja, namun juga menjadi tanggung jawab kita semua, para wisatawan. Jadi, yuk mulai biasakan membuang sampah pada tempatnya. Kalau kamu belum menemukan tempat sampah di sekitarmu, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu, dan buang ketika menemukan tempat sampah.

Artikel Terkait:  Alasan Kenapa Kamu Harus Liburan di Indonesia Aja

4. Perhatikan Karakteristik Lingkungan

Kalau ini cukup berkaitan dengan kasus yang lagi ramai nih. Sebisa mungkin ketika kamu berwisata jangan lupa untuk memperhatikan karakteristik lingkungannya, apakah mudah terbakar atau terdapat benda-benda yang rapuh. Contohnya, jika kamu merokok, pastikan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan atau percikan apinya terkena rerumputan. Jangan sampai tindakan yang kamu anggap sepele bisa membawa malapetaka bagi lingkungan loh!

 

Baca Juga :

Eksplorasi Keindahan Mandalika : Pesona Pantai dan Budaya