Halo Sobat Liburan, ada yang pernah solo traveling gak? Solo traveling ini cocok banget buat kamu yang pengen me-time dengan cara yang lebih asik. Kali ini liburanterus mau bagi-bagi tips buat sobat liburan yang baru mau cobain sensasi solo traveling tanpa ribet, yuk disimak!

1. Cari Informasi dan Persiapan

Mulailah dengan memilih tujuan yang terkenal sebagai tempat yang ramah bagi solo traveler. Lakukan riset tentang tujuan yang akan kamu kunjungi. Termasuk budaya, bahasa, transportasi, akomodasi, dan tempat-tempat menarik lainnya. Persiapkan segala sesuatu sebelum pergi, seperti tiket transportasi, visa (jika diperlukan), asuransi perjalanan, dan dokumen perjalanan lainnya. Jangan lupa membawa barang penting seperti obat pribadi.

2. Pilih Akomodasi yang Ramah Solo Traveler

Selain memilih kota tujuan, kamu juga harus mencari akomodasi atau penginapan yang aman jika berniat traveling sendirian. Pilih penginapan dengan review yang baik, dan jangan lupa pastikan lokasi penginapan juga kondusif untuk yang ingin berjalan kemana-mana seorang diri. Hostel atau guesthouse biasanya menjadi pilihan populer bagi solo traveler karena memberikan kesempatan untuk bertemu dengan backpacker lain.

3. Interaksi dengan Penduduk Lokal

Jangan lupa untuk bersikap hangat dan ramah dengan orang sekitar. Dengan seperti itu, kamu akan mudah diterima. Bahkan tidak jarang mereka akan membantu jika kita mengalami kesulitan. Kamu juga bisa bertanya mengenai budaya setempat loh! Selain dengan penduduk lokal, jangan takut untuk berhubungan dengan sesama traveler di tempat-tempat yang kamu kunjungi. Ada banyak komunitas solo traveler yang bisa membantu kamu jika sedang kesulitan.

4. Selalu Berhati-hati dan Jaga Keamanan

Meskipun solo traveling bisa menjadi pengalaman yang luar biasa, jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan waspada. Percayalah pada instingmu dan jangan ragu untuk menghindari situasi yang tidak nyaman atau berbahaya. Selalu perhatikan barang bawaanmu dan selalu cek kelengkapannya, terutama dokumen penting. Walaupun kamu bisa meminta bantuan orang asing, jangan lupa untuk selalu waspada dan jangan terlalu terbuka. Karena tidak sedikit orang yang terlihat baik, memiliki maksud tertentu di baliknya.

Artikel Terkait:  Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis: Saatnya Liburan Hemat ke Bandung

Menginap aman bersama liburanterus.com

Gimana, makin yakin gak nih untuk coba solo traveling? Selalu ingat dan terapkan tips di atas dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan!

 

Baca juga :

Glamping : Nikmati Liburan Nyaman di Alam